Erick Thohir Jangan Dijadikan Mendagri, Adian Napitupulu di Senayan Saja

Erick Thohir Jangan Dijadikan Mendagri, Adian Napitupulu di Senayan Saja
Erick Thohir. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia Ari Junaedi menilai, pengisian kursi Kabinet Jokowi – Ma’ruf Amin harus sesuai dengan profiling calon menteri.

Misalnya, tokoh yang memimpin pemenangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin di Pilpres 2019, Erick Thohir, dinilai lebih tepat menempati posisi menteri pemuda dan olahraga atau ketua pengembangan ekonomi kreatif.

"Jadi, jangan karena Tjahjo Kumolo sebagai orang yang memimpin tim pemenangan Jokowi - JK di Pilpres 2014 lalu diangkat menjadi mendagri, maka hal yang sama juga berlaku di kabinet pemerintahan hasil Pilpres 2019," ujar Ari kepada JPNN, Jumat (12/7).

Menurut pembimbing disertasi di pasca sarjana Universitas Padjajaran ini, Erick lebih tepat menjabat menpora atau ketua pengembangan ekonomi kreatif, karena postur mendagri membutuhkan kapabilitas seorang leader yang paham politik, teritorial, koordinasi serta pengalaman di parlemen.

BACA JUGA: Basaria Beber Patgulipat Penerbitan Izin Reklamasi, Curang demi Uang

"Saya kira posisi mendagri sangat tepat dipegang kader PDIP," ucapnya.

Saat ditanya peluang Adian Napitupulu duduk sebagai menteri, Ari menilai politikus PDIP itu lebih tepat menjadi legislator. Karena kontribusinya masih sangat dibutuhkan di DPR.

"Biarlah kabinet mendatang diisi oleh postur yang lebih kredibel dan tepat sesuai kebutuhan," pungkas Ari.(gir/jpnn)


Pengamat politik Ari Junaedi menilai Adian Napitupulu untuk saat ini lebih tepat menjadi anggota DPR di Senayan, belum layak menjadi menteri di Kabinet Jokowi – Ma’ruf Amin.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News