Erick Thohir Janjikan Kesejahteraan Peternak dan Nelayan Lewat Program Makmur

Erick Thohir Janjikan Kesejahteraan Peternak dan Nelayan Lewat Program Makmur
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen meningkatkan kesejahteraan pelaku utama industri pangan, yakni peternak dan nelayan.

Dia mencanangkan program peningkatan kesejahteraan peternak dan nelayan melalui perluasan Program Makmur milik PT Pupuk Indonesia.

"Program ini (Makmur) perubahan menyeluruh karena ada pembiayaan dan penggabungan petani, RNI, pihak swasta jadi off taker hasil rekan petani. Ke depannya untuk peternakan dan nelayan tapi bertahap di pertanian dulu," ujar Erick dalam launching BUMN Pangan, di Jakarta.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian BUMN berkomitmen untuk menciptakan ekosistem pertanian terintegrasi melalui Program Makmur.

Para petani yang tergabung dipastikan mendapat banyak manfaat, mulai dari peningkatan produktivitas maupun penghasilan pertanian.

Sebagai contoh, keberhasilan Program Makmur yang dilaksanakan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) bersama Pupuk Indonesia, telah berhasil meningkatkan produktivitas di berbagai komoditas, seperti padi dan jagung dengan produksi capai 140-145 persen di wilayah tanggung jawab PKT (Jawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi).

Dengan keberhasilan tersebut, Erick pun tak menutup kemungkinan untuk memperluas Program Makmur pada segmentasi peternak dan nelayan.

Dia berharap para peternak dan nelayan mendapatkan pendampingan intensif yang didukung kemajuan teknologi.

Menteri BUMN Erick Thohir mencanangkan program peningkatan kesejahteraan peternak dan nelayan melalui perluasan Program Makmur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News