Erick Thohir Pasang Kuda-Kuda, Tahun Depan Ada yang Baru dari PLN

Erick Thohir Pasang Kuda-Kuda, Tahun Depan Ada yang Baru dari PLN
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan akan membuat gebrakan untuk memperkuat pelayanan dan bisnis listrik PLN. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian BUMN bakal membentuk holding dan subholding PLN pada tahun depan.

"Holding dan subholding PLN sendiri rencananya tahun ini akan virtual dulu, sebelum kami dorong benar-benar menjadi holding dan subholding pada tahun depan," ujar Erick Thohir seperti dikutip di Jakarta, Selasa (10/5).

Kementerian BUMN sudah memetakan berbagai kebutuhan PLN.

Menurut Erick, pada subholding salah satunya Beyond Kwh, artinya lebih dari menjual listrik.

"Karena memang kabel-kabel yang sekarang dimiliki oleh PLN memiliki nilai tambah atau value added sendiri, yang kita bisa lakukan tentu membantu daripada penetrasinya dalam digitalisasi," kata Menteri BUMN.

Lalu, lanjut Erick, pembangkit listrik atau powerplant ke depannya tak akan berdiri sendiri. Apalagi Indonesia merupakan negara yang kaya akan hydropower, sinar matahari, angin, dan panas bumi.

"Banyak negara tetangga tidak memiliki kekayaan alam ini, jadi tentu sudah seyogyanya selain PLN menjadi perusahaan yang pondasinya kuat melayani pelayanan listrik di Indonesia maka bukan tidak mungkin sekarang beberapa proyek hydropower sudah dijual juga ke Malaysia. Namun, ini menjadi konsolidasi yang terukur," beber Erick.

Erick menyebut banyak negara lain melihat potensi energi terbarukan di Indonesia, salah satu ingin sama-sama dirajut.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan akan membuat gebrakan untuk memperkuat pelayanan dan bisnis listrik PLN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News