Erick Thohir: PSSI Dapat USD 5,6 Juta dari FIFA

Erick Thohir: PSSI Dapat USD 5,6 Juta dari FIFA
Ketum PSSI Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Erick Thohir mengatakan PSSI mendapatkan dana sebesar USD 5,6 juta (sekitar Rp 86,5 miliar) dari FIFA.

Erick menjelaskan bahwa dana sebesar itu diperuntukkan bagi pengembangan sepak bola nasional, termasuk di dalamnya membantu pembangunan tempat pelatihan (training camp).

"FIFA mempunyai program 'Forward 3.0'. Program itu mengharapkan kompetisi di negara termasuk pembinaan harus berjalan. Melalui program tersebut kita juga mendapatkan berkah membangun 'training camp' yang dibantu oleh FIFA senilai 5,6 juta dolar AS," ujar Erick Thohir seusai acara peluncuran produk resmi Piala Dunia U-20 2023 di Jakarta, Rabu (8/3).

FIFA Forward 3.0 merupakan kebijakan yang baru diluncurkan FIFA pada Januari 2023.

Tujuan program tersebut ialah untuk menyediakan pendanaan yang komprehensif bagi pengembangan sepak bola di seluruh dunia.

Melalui FIFA Forward 3.0, FIFA ingin agar seluruh asosiasi anggotanya, yang bernaung di lima konfederasi, mampu meningkatkan kualitas persepakbolaan mereka sehingga mampu bersaing dengan negara-negara lain.

FIFA menyebut. bahwa FIFA Forward 3.0 akan diterapkan sampai akhir 2026. Terkait dengan itu, FIFA memberikan tiga insentif untuk masing-masing asosiasi anggotanya, yakni, pertama, dana senilai USD 5 juta (sekitar Rp 77 miliar) untuk menutupi operasional yang berhubungan dengan sepak bola.

Kedua, uang tambahan USD 3 juta (sekitar Rp 46 miliar) untuk menjalankan proyek spesifik yang direncanakan dengan baik dengan tujuan pengembangan sepak bola jangka panjang.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan PSSI mendapatkan dana sebesar USD 5,6 juta dari FIFA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News