Erick Thohir Tegas, Blacklist Semua yang Terlibat Perjokian Rekrutmen BUMN

Erick Thohir Tegas, Blacklist Semua yang Terlibat Perjokian Rekrutmen BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir bersikap tegas dalam kasus perjokian rekrutmen BUMN.

Erick memerintahkan jajarannya untuk memasukkan ke dalam daftar hitam atau blacklist mereka yang terlibat kasus perjokian rekrutmen BUMN tersebut.

Menurut dia, segala bentuk praktik kecurangan yang terjadi dalam proses Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) akan ditindak tegas.

Sebab, hal itu sangat bertolak belakang dengan nilai-nilai AKHLAK yang menjadi core values Kementerian BUMN.

“Saya menerima laporan ada sejumlah peserta yang melakukan kecurangan saat mengerjakan soal ujian. Tentu ini perbuatan tidak terpuji. Saya minta mereka yang terbukti curang berdasarkan tangkapan sistem teknologi digital Kementerian BUMN untuk ditindak tegas,” kata Erick dalam keterangannya di Jakarta, Senin (16/1).

Dia telah menerima laporan dari Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata bahwa ada sejumlah peserta yang tertangkap oleh sistem melakukan kecurangan. Erick bahkan mendapat laporan adanya indikasi perjokian dalam praktik ujian tersebut.

“Saya minta kepada deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi untuk melakukan investigasi secara seksama. Jika terbukti tindakan itu melanggar hukum, maka jangan segan melaporkannya ke penegak hukum. Jika terbukti bersalah, yang bersangkutan akan kami blacklist di BUMN,” ungkapnya.

Para peserta ujian rekrutmen yang umumnya generasi muda itu sebaiknya menanamkan sikap jujur dan amanah sejak awal.

Erick Thohir memerintahkan jajarannya mem-blacklist semua yang terlibat dalam perjokian rekrutmen BUMN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News