Jumat, 26 April 2019 – 07:06 WIB

Erick Thohir Uraikan Keberhasilan Jokowi yang Nyata Dirasakan Masyarakat

Senin, 11 Februari 2019 – 19:56 WIB
Erick Thohir Uraikan Keberhasilan Jokowi yang Nyata Dirasakan Masyarakat - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi - Ma’ruf, Erick Thohir mengatakan pencapaian dan kebijakan pemerintahan Presiden Jokowi telah nyata dirasakan masyarakat.

Meneruskan pencapaian periode saat ini, Jokowi pun siap untuk periode kedua dengan platform program Indonesia Maju yang memprioritaskan pembangunan manusia, daya saing ekonomi, seni dan budaya, supremasi hukum, pertahanan dan keamanan.

"Dalam Program Indonesia Maju, Jokowi berupaya untuk memastikan pemerataan pembangunan yang berkelanjutan, memperbaiki birokrasi serta hubungan antara pemerintah pusat dan daerah," kata Erick dalam siaran pers yang diterima redaksi, Senin (11/2).

Erick mengungkap, pemerintahan Jokowi sangat berkomitmen untuk menangani masalah stunting, khususnya bagi balita. Tingkat stunting balita di era Jokowi turun ke 30,8 persen di tahun 2018 dari 37,2 persen di tahun 2013.

Penurunan ini diharapkan akan berlangsung ke depan. Sebagai contoh, secara khusus, dalam APBN 2019, pemerintah juga telah mengalokasikan program khusus untuk percepatan penurunan stunting sebesar Rp29 triliun secara koordinatif di 18 kementrrian dan lembaga untuk melakukan intervensi gizi bagi anak-anak balita melalui perbaikan asupan makanan, peningkatan akses pelayanan kesehatan, penyediaan air bersih dan sanitasi, serta pendampingan kesehatan.

"Melalui berbagai upaya ini, diharapkan tingkat stunting balita menurun menjadi 22 persen di tahun 2022 (estimasi Bank Dunia)," ujar Erick.

Dia melanjutkan, dari sisi percepatan penurunan tingkat kemiskinan dalam pemerintahan Jokowi untuk pertama kali dalam sejarah Indonesia penurunan kemiskinan mencapai single digit, yaitu sebesar 9,82 persen di tahun 2018. Diharapkan pada tahun 2019, tingkat kemiskinan akan menurun lebih lanjut antara 8,5-9,5 persen.

Selain itu, koefisien Gini yang merupakan indikator dari pemerataan pembangunan, semakin membaik dalam pemerintahan Jokowi, yaitu dari 0,40 menjadi 0,38.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar