Eropa Lambat Pulih, Pertembuhan Ekonomi Ditarget Terendah

Eropa Lambat Pulih, Pertembuhan Ekonomi Ditarget Terendah
Eropa Lambat Pulih, Pertembuhan Ekonomi Ditarget Terendah
JAKARTA - Pemerintah memprediksi upaya pemulihan krisis Eropa tidak akan tuntas hingga akhir tahun ini. Untuk itu, langkah antisipasi harus terus dilakukan terutama untuk menyongsong berlanjutnya perlambatan ekonomi di tahun depan.

Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar mengatakan, pemerintah akan menetapkan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang paling realistis di 2013. Pemerintah tidak akan menetapkan target pada posisi tertinggi. Proyeksi 6,8 persen, atau titik terendah dari rentang yang digariskan pemerintah dan DPR adalah target yang paling mungkin dipilih.

"Kita lihat dengan perkembangan itu mungkin lebih pasnya 6,8 persen. Ini antisipasi yang pas daripada berharap-harap cemas mengenai perkembangan di tempat lain dan menaruh angka terlalu tinggi kemudian tidak ter-deliver," kata Mahendra di Jakarta kemarin.

Dalam pokok-pokok kebijakan fiskal RAPBN 2013 yang disepakati pemerintah dan parlemen, target pertumbuhan ekonomi diproyeksikan kisaran 6,8 persen hingga 7,2 persen. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyampaikan target definitif dalam Pidato Kenegaraan dan Penyampaian Nota Keuangan RAPBN 2013 di depan Rapat Paripurna DPR, 16 Agustus mendatang.

JAKARTA - Pemerintah memprediksi upaya pemulihan krisis Eropa tidak akan tuntas hingga akhir tahun ini. Untuk itu, langkah antisipasi harus terus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News