Erupsi Gunung Sinabung Membahayakan Penerbangan

Erupsi Gunung Sinabung Membahayakan Penerbangan
Gunung Sinabung menyemburkan erupsi. Foto: Istimewa.

jpnn.com, KARO - Gunung api Sinabung kembali erupsi sekitar pukul 07.48 WIB, Selasa (7/4/2019). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, tinggi abu vulkanik mencapai sekitar 2.000 meter dan berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.

“PVMBG memonitor bahwa erupsi terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi sekitar 42 menit 49 detik. Hujan abu cukup tebal saat erupsi dan distribusi abu vulkanik mengarah ke barat daya dari puncak gunung,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya.

BACA JUGA: 7.690 Korban Erupsi Sinabung Terima Santunan dari Pemerintah

Sutopo menyatakan, hujan abu vulkanik jatuh di beberapa desa sekitar gunung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dengan intensitas cukup tebal. Kendati demikian, masyarakat diharapkan tidak panik menyikapi erupsi Gunung Sinabung.

“Masyarakat telah memahami daerah yang berbahaya, daerah luncuran awan panas. Apalagi ribuan masyarakat sekitar Gunung Sinabung yang tinggal di zona merah telah direlokasi,” ucap Sutopo.

Berdasarkan pantauan distribusi abu vulkanik, PVMBG telah mengeluarkan Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA) atau notifikasi terkait dengan aktivitas penerbangan. Notifikasi yang dikeluarkan berstatus warna oranye (orange).

“Ini berarti aktivitas gunung api berpotensi membahayakan penerbangan,” ujarnya.

BACA JUGA: Gunung Sinabung Kembali Erupsi

Tinggi abu vulkanik mencapai sekitar 2.000 meter dan berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News