Esri Indonesia Beri Apresiasi Tingkat Global untuk 2 Instansi Pemerintah Ini

Esri Indonesia Beri Apresiasi Tingkat Global untuk 2 Instansi Pemerintah Ini
Ilustrasi. Hutan yang dikelola Perum Perhutani. Foto dok Perhutani

jpnn.com, JAKARTA - Penyedia solusi geospasial yaitu Esri Indonesia memberikan penghargaan teknologi berskala global kepada Perum Perhutani dan Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Apresiasi itu berupa Special Achievement in GIS (SAG) Award pada ajang konferensi tahunan Esri User Conference (Esri UC) ke-42 yang dilaksanakan di San Diego, Amerika Serikat.

Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kontribusi kedua badan pemerintahan tersebut dalam membangun masa depan yang berkelanjutan bagi Indonesia dengan menggunakan teknologi geospasial dan mengungguli lebih dari 300 ribu kandidat di seluruh dunia.

Perum Perhutani menerima penghargaan atas optimisasi pemanfaatan data kehutanan untuk wilayah di pulau Jawa dan Madura melalui aplikasi berbasis teknologi geospasial Perhutani Digital Forest.

Aplikasi tersebut menggabungkan secara sistematik data lapangan dari seluruh wilayah ke dalam satu dashboard terpusat. 

Sementara itu, Direktorat Jenderal Tata Ruang menerima penghargaan untuk pencapaian pemanfaatan penerapan teknologi ArcGIS dalam penataan ruang pembangunan kota berbasis data melalui RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) secara real-time.

Sistem itu adalah simulasi berbasis web 3 dimensi yang mendukung proses pengambilan keputusan tata kota untuk pembangunan yang berkelanjutan. 

Country Manager Esri Indonesia Christanto Yanuar mengatakan, pencapaian kedua organisasi ini menunjukkan bagaimana pemanfaatan teknologi GIS dapat membuka potensi Indonesia dalam meningkatkan transformasi digital di sektor swasta dan pemerintahan. 

Esri Indonesia memberikan penghargaan teknologi berskala global kepada Perum Perhutani dan Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian (ATR/BPN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News