Esri Indonesia Luncurkan Geoportal untuk Lacak Covid-19 secara Real Time

 Esri Indonesia Luncurkan Geoportal untuk Lacak Covid-19 secara Real Time
Tampilan laman Geoportal Covid-19. Foto: Esri Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Dukungan Darurat Geospasial (ESSC) Esri Indonesia meluncurkan Geoportal Covid-19 untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat guna mencegah penyebaran virus corona.

CEO Esri Indonesia Achmad Istamar menjelaskan, Geoportal Covid-19 berfungsi sebagai sarana informasi kesehatan bagi masyarakat.

Laman itu mengintegrasikan informasi dari instansi pemerintah terkait dan memvisualisasikannya pada dasbor pemetaan yang dinamis.

Dengan demikian, laman dapat menyajikan gambaran yang aktual kepada para pengguna mengenai wabah tersebut saat kasusnya terungkap.

Saat ini dasbor Geoportal Covid-19 memetakan jumlah kasus yang telah terkonfirmasi dan dalam masa perawatan, jumlah kematian akibat wabah tersebut dan jumlah pasien yang telah sembuh, serta wilayah di mana infeksi covid-19 terdeteksi.

Dasbor ini juga menampilkan sejumlah dataset penting mengenai fasilitas transportasi yang tersedia, petunjuk peringatan perjalanan dan rumah sakit rujukan utama untuk kasus COVID-19.

Seluruh data bersumber dari lembaga pemerintah seperti Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perhubungan.

Selain itu, dasbor juga menampilkan feed Twitter langsung dari lembaga pemerintah terkait seperti Kementerian Kesehatan, Organisasi Kesehatan Dunia dan kantor Presiden Jokowi.

Pusat Dukungan Darurat Geospasial (ESSC) Esri Indonesia meluncurkan Geoportal Covid-19 untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat guna mencegah penyebaran virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News