Etape Marthen Indey Lewati Jalan Strategis Nasional

Etape Marthen Indey Lewati Jalan Strategis Nasional
Suasana perjalanan Sepeda Nusantara Etape Marthen Indey yang melewati proyek jalan strategis nasional di Papua. Foto: Kemenpora

jpnn.com, PAPUA - Gelaran Sepeda Nusantara etape Marthen Indey di Kabupaten Jayapura, Papua, selesai digelar pada Sabtu (28/7). Ajang ini ternyata mampu mengajak masyarakat di wilayah Kabupaten Jayapura untuk menggelorakan olahraga.

Menempuh jarak 10 kilometer, Sepeda Nusantara Etape Marthen Indey diikuti oleh ribuan pesepeda. Melihat animo tersebut, gelora program Ayo Olahraga benar-benar berhasil dilaksanakan di provinsi paling timur Indonesia tersebut.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw melepas langsung para peserta dengan penuh semangat. Setelah itu, dia juga menyempatkan diri untuk turut mengayuh sepedanya melahap rute jarak pendek tersebut.

"Kabupaten Jayapura memang telah mencanangkan sebagai zona integritas kerukunan, karena keberagaman yang kita miliki disini terus kita jaga kerukunannya dan itu sudah teruji, karena itu sangat pokok dan disaat berapa hal yang menimpa daerah ini kita bisa menyelesaikannya secara baik, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang mengganggu kebersamaan, persaudaraan dalam bingkai NKRI," kata Mathius.

Masyarakat adat di Jayapura serta pemerintah daerah, lanjutnya, memberikan ruang yang luar biasa sehingga masyarakat adat memberikan support juga bagaimana menjaga keberagaman dan kerukunan.

"Semangat ini perlu kami bangun dalam kegiatan apapun, seperti halnya kegiatan olahraga dan kami bersyukur memiliki Presiden yang luar biasa, yang terus mempererat, membangun persaudaraan dengan caranya berkeliling Indonesia, untuk bagaimana persaudaraan, persatuan dan kesatuan ini terus terbangun, namun bukan hanya kunjungan yang biasa, akan tetapi dengan pembangunan yang merata," imbuhnya.

Karena itu, dia mewakili masyarakat Kabupaten Jayapura memberikan apresiasi serta berterimakasih yang setinggi-tingginya kepada Presiden Joko Widodo serta Menpora Imam Nahrawi yang mempercayakan wilayahnya sebagai tuan rumah Sepeda Nusantara.

"kemana-mana kan Pak Jokowi selalu bawa sepeda, ini merupakan pesan yang luar biasa, dalam kesederhanaan, menciptakan suasana lingkungan yang sehat, dan saya pikir pesan-pesan moral melalui sepeda ini perlu diterapkan dalam kehidupan," imbuhnya.

Gelaran Sepeda Nusantara etape Marthen Indey di Kabupaten Jayapura, Papua, selesai digelar pada Sabtu (28/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News