Etika Politik Era SBY Merosot Tajam

Etika Politik Era SBY Merosot Tajam
Etika Politik Era SBY Merosot Tajam
JAKARTA - Pengamat politik dari Reform Institute, Yudi Latief menilai, pembangunan politik di Indonesia era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memulai babak baru tapi tidak begitu menggembirakan. Yudi melihat dari dua perspektif, teknik dan etika. Kata dia, dari sisi teknik pembangunan politik semakin canggih. Sedangkan dari sisi etika merosot tajam.

"Pembangunan politik secara teknik semakin canggih, dari sisi etika merosot tajam," kata Yudi pada dialog kenegaraan bertema ""Evaluasi Politik dan Prediksi 2011" di Gedung DPD, Jakarta, Rabu (8/12). Turut pula Wasekjen PKS, Mahfudz Siddiq, Ketua DPP PDIP,  Maruarar Sirait dan anggota DPD asal Riau, Intsiawati Ayus.

Kecanggihan teknik menurut Yudi dengan dikenalnya ada serangan fajar kepada pemilih sebelum melakukan pemungutan suara di TPS, pengalihan isu, pencitraan dan adanya politik sandera. "Saya kira Amerika perlu belajar di Indonesia karena sistem politiknya sudah sangat canggih," ujarnya.

Akibat dari kecanggihan itu, kata Yudi pula berdampak buruknya sistem dan mahalnya biaya politik. Kata dia, dengan kondisi seperti ini, para pemilik modal yang umumnya konglomerat hitam diberikan peluang untuk terlibat.

JAKARTA - Pengamat politik dari Reform Institute, Yudi Latief menilai, pembangunan politik di Indonesia era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News