EuroCham Siap Perluas Investasi dan Dukung Indonesia Emas 2045

EuroCham Siap Perluas Investasi dan Dukung Indonesia Emas 2045
Kegiatan Indonesia-Europe Investment Summit 2023, Hotel St Regis, Jakarta, Kamis (30/11). dok: source for JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Kelompok pebisnis yang tergabung dalam European Business Chamber of Commerce (EuroCham) bakal memperluas investasi di Indonesia. Ada sejumlah sektor yang dibidik untuk pengembangan investasi tersebut.

Ketua EuroCham Indonesia Francois de Maricourt menyebut sejumlah faktor yang mendorong rencana perluasan investasi.

Salah satunya, visi Pemerintah Indonesia tentang Indonesia Emas 2045, yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) tahun 2025-2045.

"EuroCham berkomitmen untuk mendukung visi tersebut melalui penanaman modal asing secara langsung oleh anggota EuroCham yang bisnisnya terus berkembang di Indonesia," kata dia pada Indonesia-Europe Investment Summit 2023, Hotel St Regis, Jakarta, Kamis (30/11).

Ada beberapa sektor yang dibidik oleh para pengusaha Eropa. Maricourt menyoroti penambahan investasi akan dilakukan pada sektor yang berkontribusi besar kepada perolehan produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

"Khususnya di sektor-sektor yang memberikan kontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia, seperti manufaktur, peningkatan rantai nilai dalam industri logam, serta sektor konsumen," ujar dia.

Sementara Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesi Denis Chaibi meminta pengusaha Eropa di Indonesia ikut terlibat pembangunan ekonomi nasional. Misalnya dengan membina hubungan perdagangan yang lebih kuat dengan Indonesia.

Chaibi pun menggarisbawahi komitmen bersama Uni Eropa dan Indonesia dalam menyelesaikan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Eropa atau Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) untuk memaksimalkan perdagangan dua arah dan mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Pebisnis Eropa yang ada di Indonesia dan tergabung dalam EuroCham bakal memperluas investasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News