Evakuasi Bangkai Pesawat Tempur Tunggu Investigasi

Evakuasi Bangkai Pesawat Tempur Tunggu Investigasi
Hasil foto jepretan Didik Herwanto fotografer Riau Pos (Grup JPNN) mengambil momen jatuhnya Pesawat Hawk 200 milik TNI AU yang jatuh di area pemukiman warga di Desa Pasirputih Kab Kampar, Selasa (16/10), setelah sebelumnya Didik dihajar dan kamera miliknya diamankan TNI, namun hasil foto tidak sempat terhapus. Foto: DIDIK HERWANTO/RIAUPOS
PEKANBARU - Satu unit pesawat Jenis Hawk 200 TT 0212 milik TNI AU yang diawaki oleh satu orang pilot jatuh di Jalan Amal RT02/RW03, Vila Pandau Jaya, Desa Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau Selasa (16/10) pagi sekitar pukul 09.30 WIB, tepatnya tak jauh dari Panti Asuhan Yayasan Lembaga Bakti Muslim Indonesia (YLBMI) Riau.

Saat jatuh, pesawat ini sempat berputar-putar dan meledak tiga kali. Beruntung pilot pesawat ini, Letnan Dua (Letda) Reza sempat keluar dengan kursi pelontar sesaat sebelum pesawatnya jatuh.

Kondisi pesawat yang jatuh di salah satu pekarangan rumah warga dan tak jauh dari Sekolah Dasar Swasta 022 Yapsin ini cukup parah. Api tampak berkobar dibarengi dengan asap yang membumbung. Perlu tiga unit mobil pemadan untuk mematikan api yang berkobar ini.

Peristiwa ini sontak menjadi tontonan, apalagi, saat pesawat itu jatuh, anak-anak SD tersebut sedang menikmati waktu istirahat. Salah seorang siswa MTS YLBMI, Febri (14) yang melihat kejadian mengatakan, saat itu ia bersama teman-temannya yang lain melihat dua pesawat sedang bermanuver beriringan, hingga tiba-tiba pesawat yang berada dibelakang rusak dan berasap. "Pesawat yang dibelakang berasap lalu berputar-putar dan jatuh," jelasnya.

PEKANBARU - Satu unit pesawat Jenis Hawk 200 TT 0212 milik TNI AU yang diawaki oleh satu orang pilot jatuh di Jalan Amal RT02/RW03, Vila Pandau Jaya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News