Evakuasi WNI di Hubei Masuk Tahap Akhir

Evakuasi WNI di Hubei Masuk Tahap Akhir
Presiden Jokowi. Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, KULON PROGO - Penjemputan warga negara Indonesia (WNI) oleh pemerintahan Joko Widodo sudah memasuki tahap akhir. Sebanyak 243 WNI di Provinsi Hubei ditargetkan akan dievakuasi dalam 1x24 jam ke depan.

"Kemarin sore sudah kami putuskan dalam rapat terbatas bahwa saya sudah perintahkan untuk segera mengevakuasi warga negara Indonesia yang ada di Wuhan dan sekitarnya. Ini dikoordinasi oleh Menteri Luar Negeri bersama seluruh menteri terkait," kata Presiden Joko Widodo di Kabupaten Kulon Progo pada Jumat (31/1).

Segera setelah instruksi tersebut, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi berkomunikasi dengan otoritas Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sembari terus memantau kondisi WNI yang ada di sana melalui KBRI terkait. Untuk diketahui, selain Indonesia, sejumlah negara lainnya juga memiliki keinginan yang sama untuk mengevakuasi warganya dari RRT.

"Masih dalam proses. Masih kami proses karena yang ingin evakuasi bukan hanya Indonesia saja. Tetapi antrean kami sudah di depan," kata presiden.

Selain itu, persiapan penerimaan di Tanah Air juga terus dilakukan sesuai dengan prosedur dan protokol kesehatan yang berlaku.

"Kemarin WHO juga sudah mengumumkan situasi darurat global yang terkait dengan virus korona. Jadi saya kira keputusan kami kemarin untuk mengevakuasi itu sudah betul," imbuhnya.

Di tempat terpisah, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa persiapan evakuasi WNI tersebut telah memasuki tahap akhir. Retno juga telah bertemu dengan Duta Besar RRT di Jakarta untuk membahas hal tersebut.

"Pagi ini saya telah bertemu dengan Dubes RRT di Jakarta. Beliau telah menyampaikan clearance pendaratan dan pergerakan pesawat untuk evakuasi WNI dari Provinsi Hubei. Dalam kaitan ini, kami ingin menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang telah diberikan oleh otoritas RRT," ujar Retno.

Penjemputan warga negara Indonesia (WNI) oleh pemerintahan Joko Widodo sudah memasuki tahap akhir. Sebanyak 243 WNI di Provinsi Hubei ditargetkan akan dievakuasi dalam 1x24 jam ke depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News