Evaluasi E-Government, Pemerintah Gandeng 5 Perguruan Tinggi

Evaluasi E-Government, Pemerintah Gandeng 5 Perguruan Tinggi
Menteri PAN dan RB Asman Abnur menyaksikan MoU antara Kemenpan RB dan lima perguruan tinggi. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggandeng lima perguruan tinggi negeri dan swasta untuk mendukung pelaksanaan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kelima perguruan tinggi dimaksud adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Universitas Telkom, dan Universitas Gunadarma.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Deputi Kelembagaan dan Tatalaksana Kementerian PANRB Rini Widyantini dengan pimpinan lima perguruan tinggi tersebut.

Yakni Dekan Fisipol UGM, Rektor Universitas Telkom, Wakil Rektor III Universitas Gunadarma, Direktur Politeknik Elekronika Negeri Surabaya, serta Direktur Center for Study of Governance and Administrative Reform Universitas Indonesia.

Acara yang berlangsung di kantor Kementerian PANRB, Rabu (18/04) tersebut disaksikan oleh Menteri Asman Abnur, dihadiri oleh Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji dan sejumlah pejabat pimpinan tinggi Kemenetrian PANRB, serta para pimpinan lima perguruan tinggi tersebut.

Dalam kesempatan itu, Menteri PAN dan RB Asman Abnur mengatakan, untuk memastikan penyelenggaraan SPBE agar bisa berjalan sesuai dengan tujuannya, maka perlu dilakukan evaluasi secara berkala.

Itu untuk mengetahui sejauh mana kematangan dari penyelenggaraan SPBE di setiap instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.

“Dengan adanya kerjasama ini diharapkan pelaksanaan evaluasi SPBE sebagai wujud pelaksanaan transformasi digital pemerintah dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Penerapan e-government diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan kinerja birokrasi dan membebani birokrasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News