Fadel Muhammad Dorong Daerah Tingkatkan Komoditas Pangan

Fadel Muhammad Dorong Daerah Tingkatkan Komoditas Pangan
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad saat menghadiri acara panen raya jagung di Desa Nanjungan, Kecamatan Kedurang Ilir, Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (10/11). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, BENGKULU SELATAN - Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menghadiri acara panen raya dan penanaman benih jagung di Desa Nanjungan, Kecamatan Kedurang Ilir, Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (10/11).

Dia menilai Bengkulu Selatan merupakan salah satu daerah yang mampu memaksimalkan potensi daerahnya dengan terus fokus meningkatkan komoditas pangan, seperti padi dan jagung.

"Saya sangat antusias begitu diundang untuk hadir dalam panen raya jagung di Bengkulu Selatan ini. Saya lihat tanahnya sangat subur. Cocok untuk menanam jagung seperti di Gorontalo," kata Fadel yang juga Ketua Dewan Jagung Nasional melalui keterangan yang diterima Kamis (11/11).

Komoditas pangan khas daerah sangat ditekankan Fadel, karena di era modernitas saat ini daerah mesti memiliki branding atau merek yang kuat untuk memaksimalkan potensi ekonominya di tingkat nasional dan global.

"Branding sangat penting. Sebab, ketika orang menyebut produknya mereka akan langsung ingat daerahnya. Contohnya ketika menyebut jagung langsung teringat Gorontalo dan lainnya," kata mantan Gubernur Gorontalo itu.

Fadel menyampaikan setelah ada branding yang kuat, langkah selanjutnya adalah membantu petani mendapatkan akses kredit untuk modal yang meringankan.

Kemudian membantu petani dalam penyediaan bibit, pupuk, dan penyuluhan.

Dukungan lainnya yang diperlukan adalah membantu pemasaran produk petani.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad menekankan komoditas pangan khas daerah bisa menjadi branding yang kuat untuk memaksimalkan potensi ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News