JPNN.com

Fadli Zon Beber Minat Banyak Negara Pantau Pemilu Indonesia

Kamis, 17 Januari 2019 – 21:48 WIB Fadli Zon Beber Minat Banyak Negara Pantau Pemilu Indonesia - JPNN.com

jpnn.com, SIEM REAP - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengungkapkan bahwa banyak negara yang ingin melihat pelaksanaan pemilu di Indonesia pada 17 April 2019 mendatang. Salah satu pihak di luar negeri yang ingin memantau Pemilu 2019 adalah Rusia.

Fadli mengatakan, Rusia dan Indonesia punya hubungan yang cukup panjang. Bahkan, Rusia dan Indonesia sering bekerja bareng dalam forum-forum internasional.

“Banyak kesamaan kita dengan Rusia. Rusia banyak membantu Indonesia di forum-forum dunia,” ujar Fadli di sela 27th Annual Meeting Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) di Siem Reap, Kamboja, Rabu (16/1).

Selain Rusia, ada pula parlemen dari negara lain ataupun organisasi internasional yang ingin melihat Pemilu 2019. Menurut Fadli, Pemilu 2019 yang menyerentakkan pemilihan calon legislatif dan calon presiden bakal menarik banyak pihak, termasuk dunia internasional.

“Yang ingin memantau pemilu kita antara lain IPU (Inter-Parliamentary Union, red), Uni Eropa dan juga Rusia,” tutur Fadli.

Wakil ketua umum Partai Gerindra itu menambahkan, DPR akan menjadi host atau tuan rumah bagi parlemen negara lain yang hendak memantau Pemilu 2019. Menurutnya, organisasi internasional ataupun parlemen negara lain yang akan memantau Pemilu 2019 bukan hanya hendak belajar, tapi kemungkinan juga memberikan masukan.

“Ini juga demi demokrasi di Indonesia. Mereka memberi masukan sekaligus belajar dari Indonesia,” ucap Fadli.(jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...