Fadli Zon Berbagi Resep Demokrasi Indonesia di Depan Parlemen Sedunia

Fadli Zon Berbagi Resep Demokrasi Indonesia di Depan Parlemen Sedunia
Wakil Ketua DPR Fadli Zon saat berpidato pada pertemuan Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-134 di Lusaka, Zambia, Senin (21/3). Foto: JPNN

jpnn.com - LUSAKA - Wakil Ketua DPR, Fadli Zon membanggakan praktik demokrasi di Indonesia di hadapan para delegasi dari berbagai negara di ajang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-134 di Lusaka, Zambia. Menurutnya, ada kunci penting bagi demokrasi di Indonesia yang terus tumbuh dan berkembang.

Berpidato di hadapan ratusan delegasi berbagai negara di Mulungushi International Conference Center, Lusaka, Senin (21/3) petang atau Selasa (24/3) dini hari waktu Indonesia bagian (WIB), Fadli menyatakan, Indonesia bukan hanya berhasil menerapkan demokrasi. Menurutnya, Indonesia menjadi bukti bahwa Islam, demokrasi dan modernisasi bisa berkembang bersama.

“Indonesia adalah negeri dengan konstitusi yang merangkul semangat keagamaan yang toleran, di mana masjid umat Islam, gereja umat Kristen, serta candi Buddha dan Hindu bisa berdampingan satu dengan yang lainnya dalam damai,” ujarnya dalam pidato berbahasa Inggris berjudul Rejuvenating Democracy, Giving Voices to Youth.  

Fadli menyebut hal itu tak terlepas dari Pancasila. Tak lupa, ia mengurai satu per satu sila-sila Pancasila dalam bahasa Inggris.

Ia menegaskan, Pancasila telah menjadi watak bagi demokrasi di Indonesia. “Demokrasi Pancasila mengakar di dalam budaya dan nilai-nilai Indonesia. Gotong royong menjadi nilai esensial yang mengakar di masyarakat Indonesia, tegasnya.

Selain itu Fadli juga memaparkan tentang kekuatan kalangan muda dalam politik Indonesia. Menurutnya, 2,7 persen anggota legislatif berusia 20-30 tahun. Sedangkan 14,5 persen berusia 31-40 tahun.

Ia menambahkan, kalangan muda juga menempati posisi bupati, wali kota hingga gubernur. “Inilah cara kami mempromosikan kalangan muda untuk mengambil peran lebih aktif di politik,” tegasnya.  

Hal yang juga disinggung dalam pidato Fadli adalah media sosial yang seolah tak terlepas lagi dari kalangan muda. Ia menjelaskan, kalangan muda di Indonesia juga menggunakan media sosial untuk mengkritik kebijakan publik, mendiskusikan persoalan-persoalan sosial, hingga menggulirkan petisi dan protes.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News