Fadli Zon Minta RUU HIP Ditarik

Fadli Zon Minta RUU HIP Ditarik
Fadli Zon. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan pemerintah menunda pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) mendapat apresiasi dari Anggota DPR RI Fadli Zon.

Lewat akun Twitternya, Fadli yang juga wakil ketua umum Partai Gerindra bahkan meminta RUU yang menjadi usul inisiatif DPR ini tidak sekadar ditunda pembahasannya, tetapi harus ditarik dari program legislasi nasional.

"Sikap bagus dari Pemerintah. Tak usah ditunda, langsung ditarik saja, dicabut. RUU HIP ini mendegradasi Pancasila," tulis @fadlizon, beberapa saat lalu, Selasa (16/6).

Pemerintah hari ini memutuskan penundaan pembahasan RUU HIP. Kabar ini disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD melalui akun Twitter-nya Selasa sore.

"Terkait RUU HIP, pemerintah menunda untuk membahasnya dan meminta DPR sebagai pengusul untuk lebih banyak berdialog dan menyerap aspirasi dulu dengan semua elemen masyarakat. Pemerintah masih lebih fokus dulu untuk menghadapi pandemi Covid-19. Menko Polhukam dan Menkum-HAM diminta menyampaikan ini," tulis @mohmahfudmd.

RUU HIP menuai kritik dari banyak pihak lantaran dianggap mendegradasi nilai Pancasila. Mulai ide Pancasila dikerucutkan jadi trisila hingga ekasila.

Kemudian, RUU tersebut tidak mencatumkam TAP MPRS Nomor 25/MPRS/1966 Tahun 1966 tentang Pembubaran PKI, pernyataan sebagai pertai terlarang di seluruh wilayah NKRI bagi PKI dan larangan setiap kegiatan untuk menyebarkan atau mengembangkan paham atau ajaran Komunisme/Marxisme-Leninisme. (fat/jpnn)

Keputusan pemerintah menunda pembahasan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) mendapat apresiasi dari Anggota DPR RI Fadli Zon.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News