Fadli Zon Pengin Cek Sendiri Software dan Hardware Situng KPU

Fadli Zon Pengin Cek Sendiri Software dan Hardware Situng KPU
Fadli Zon. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Fadli Zon mendatangi gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (3/5) pukul 15.00 WIB. Dia datang dengan menumpangi mobil sedan berwarna hitam ke KPU.

Fadli datang ke KPU untuk memantau kerja instansi yang dipimpin Arief Budiman dalam menginput data formulir C1 ke Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) di situs pemilu2019.kpu.go.id.

"Bagaimana cara penghitungan suara, termasuk baik software maupun hardware-nya seperti apa," ucap Fadli ditemui di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (3/5) ini.

Menurut Fadli, Situng KPU menuai sorotan publik. Banyak temuan kesalahan entri data di Situng. Bahkan, klaim Fadli, jumlah kesalahan entri data mencapai ribuan.

"Bagaimana mekanisme yang namanya C1 dan berita acara itu disampaikan, dari mana IP address-nya, siapa orang-orang yang melakukan inputnya, di mana dia melakukan input, supaya kami tahu siapa yang berbuat kesalahan," ucap dia.

BACA JUGA: Real Count KPU Pilpres 2019, Fadli Zon: Mau 90 Lawan 10 Juga Bisa

Waketum Gerindra ini mengatakan, KPU harus transparan atas Situng yang banyak terdapat kesalahan. DPR, kata dia, akan melakukan langkah politik jika KPU tidak mampu menjelaskan alasan di balik banyaknya kesalahan entri data.

"Kalau misalnya nanti ternyata ini tidak dilakukan dengan suatu standar transparan dan akuntabel, tentu kami harus mengambil langkah-langkah lain," ucap dia.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon turun langsung untuk memeriksa keseluruhan Situng KPU. Termasuk, software, hardware dan IP address-nya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News