Fadli Zon Pengin Tahu Siapa Pengusul Archandra jadi Menteri

Fadli Zon Pengin Tahu Siapa Pengusul Archandra jadi Menteri
Fadli Zon. Foto: Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon berharap ada penjelasan lebih gamblang terkait persoalan pencopotan Arcandra Tahar dari jabatan Menteri ESDM.  

Menurutnya, masalah dwikewarganegaraan Archandra Tahar dengan mencopotnya dari kabinet belum menuntaskan masalah.

"Persoalan Arcandra ini harus cepat diselesaikan agar tidak terus-terusan jadi polemik yang tidak produktif," kata Fadli, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (16/8).

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini, pemicu terjadinya masalah tersebut hanya karena ketidakcermatan para pembantu presiden.

"Tapi ini sekaligus menjadi gambaran bahwa pemerintah tidak memenej hal tersebut dengan baik. Tidak ada standar operasional prosedur (SOP) dan mekanisme baku," tegasnya.

Dijelaskan Fadli, SOP ini standar dan elementer. Harusnya, seseorang yang mau direkrut harus ada pemeriksaaan administrasi. Pengangkatan seorang direktur jenderal saja kata dia, ada prosedur apalagi menteri.

"Di cek dong, latar belakang kewarganegaraannya, kesehatannya, pajak dan utangnya. Jadi harus diceklah apalagi mau direkrut untuk jabatan menteri," saran dia.

Fadli meminta presiden memberi penjelasan, kenapa ini sampai WNA lolos jadi menteri. 

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon berharap ada penjelasan lebih gamblang terkait persoalan pencopotan Arcandra Tahar dari jabatan Menteri ESDM.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News