Fadli Zon Sebut Kemendikbud Disusupi PKI, Almisbat Bereaksi Keras, Singgung Orde Baru

Jumat, 23 April 2021 – 14:52 WIB
Fadli Zon Sebut Kemendikbud Disusupi PKI, Almisbat Bereaksi Keras, Singgung Orde Baru - JPNN.com
Ketua Umum ALMISBAT Hendrik Sirait. Foto: dokumen pribadi for JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pernyataan anggota DPR Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon soal Kemendikbud disusupi PKI memantik reaksi dari Ketua Umum Aliansi Masyarakat Sipil untuk Indonesia Hebat (Almisbat) Hendrik D. Sirait.

Hendrik mengatakan bahwa pernyataan itu menunjukkan bahwa mantan wakil ketua DPR tersebut merupakan pendukung setia Orde Baru (Orba) yang ingin mengintervensi Kemendikbud.

"Waspadai anasir Orde Baru yang ingin mengintervensi Kemendikbud," kata Hendrik dalam keterangannya kepada media, Jumat (23/4).

Menurutnya, Fadli Zon pada Selasa (20/4) di akun pribadinya di Twitter membuat pernyataan publik bahwa Kemendikbud disusupi PKI.

Selain itu, kata Hendrik, Fadli juga menuding Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid ingin membelokkan sejarah.

Menurutnya, pernyataan Fadli Zon itu didukung pula oleh anggota DPR RI asal PKS Abdul Fikri Faqih, yang mengajak publik mewaspadai upaya pembelokkan sejarah oleh pihak-pihak tertentu.

Hendrik mengatakan inti dari serangan Fadli Zon di publik terhadap Kemendikbud berkisar soal posisi Hilmar Farid yang membela sejarah versi PKI.

Fadli, kata dia, memberi ilustrasi bahwa Hilmar ingin membelokkan sejarah kelam atas kudeta dan pembantaian terhadap para Jenderal TNI di tahun 1965 silam.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...