Fahri Hamzah: Desa Harus Menciptakan Ledakan

Fahri Hamzah: Desa Harus Menciptakan Ledakan
Fahri Hamzah. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, SUMBAWA - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah mengatakan bahwa meningkatnya partisipasi desa harus disyukuri.

Pasalnya, desa adalah pusat pertumbuhan baru yang menopang pertumbuhan negara. Dana sekitar 1,7 miliar per desa juga harus dipikirkan untuk membangun ‘infrastruktur pengetahuan’ selain ‘infrastruktur jalan’.

“Semangat membangun dari desa harus dirawat oleh pusat sehingga sekitar 75.000 desa itu membuat Indonesia menggeliat,” kata politisi PKS asal Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/10).

Fahri Hamzah mencontohkan kampungnya di Sumbawa yang terkenal dengan kekhasan madu, hasil ladang berupa jagung dan mangga, susu kerbau dan kuda liar, kopi, tenun Sumbawa, serta wisata alam liar.

Jika kreatifitas digarap baik dan terekpos secara maksimal, daya ungkitnya akan besar bagi masyarakat dan pemerintah daerah.

“Setiap desa punya potensi dan dengan inovasi serta teknologi jurang dengan kota bisa ditutupi,” kata Fahri saat mendiskusikan solusi ekonomi kreatif bersama Bupati Sumbawa, para tokoh, praktisi, dan ahli.

Fahri Hamzah pun mengusulkan agar penetrasi internet, IT literacy dan kompetensi inovasi bagi masyarakat desa harus maksimal.

“Desa harus melihat peluang juga untuk berkembang. Jangan terus merasa menjadi korban dan pasar. Sebaliknya desa bisa go national bahkan go global. Desa harus menciptakan ledakan,” pungkas Fahri. (adv/jpnn)


Semangat membangun dari desa harus dirawat oleh pusat sehingga sekitar 75.000 desa itu membuat Indonesia menggeliat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News