Fahri Luncurkan Buku: Mengapa Indonesia Belum Sejahtera

Fahri Luncurkan Buku: Mengapa Indonesia Belum Sejahtera
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Buku berjudul “Mengapa Indonesia Belum Sejahtera” karya Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah diluncurkan hari ini di Ruang Abdul Muis, Gedung Nusantara, DPR RI.

Fahri mengatakan ide buku ini muncul dari kegelisahannya sejak lama. “Pada tahun ke-4 sebagai Wakil Ketua DPR yang membidangi kesejahteraan rakyat, saya perlu meninggalkan warisan tentang tugas yang saya jalani, dan ini baru buku pertama dari beberapa buku berikutnya dengan tema sama,” kata Fahri.

Dalam acara peluncurannya, buku dibedah oleh ekonom Dr. Fuad Bawazier, Guru Besar IPB Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri dan Tenaga Ahli Kesra DPR RI Gianto.

Dalam diskusi yang dimoderatori Dr. Saleh Partaonan Daulay (Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi PAN) terungkap bahwa kesalahan umum dalam memandang dan memahami persoalan kemiskinan di Indonesia.

Di antaranya soal garis batas kemiskinan yang labil dan sangat memungkinkan pemerintah melakukan “lying by statistics” (pembohongan publik melalui data statistik)

Buku “Mengapa Indonesia Belum Sejahtera - Sebuah Upaya Merekonstruksi Makna dan Indikator Kesejahteraan” berisi kritik atas perhitungan pertumbuhan ekonomi (Gross Domestic Bruto) yang selama ini disalahpahami sebagai alat ukur kesejahteraan dan kritik atas pengukuran kemiskinan yang diterapkan di Indonesia.

“Apa yang kita lihat di masyarakat, kemiskinan, pengangguran, rendahnya pendidikan adalah kontras dari megahnya indikator-indikator ekonomi yang kita punya,” sambung Fahri.

Fahri telah menulis empat judul buku sebelumnya yang berhubungan dengan fungsi dan tugasnya saat itu ketika menjabat posisi di berbagai komisi.

Fahri Hamzah telah menulis empat judul buku sebelumnya yang berhubungan dengan fungsi dan tugasnya saat itu ketika menjabat posisi di berbagai komisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News