Fahri Desak Dua Kementerian Ini Harus Ditegur Keras

Fahri Desak Dua Kementerian Ini Harus Ditegur Keras
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Foto JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah angkat bicara terkait ledakan dahsyat di pabrik petasan PT Panca Buana Cahaya Sukses di Tangerang, Banten, yang menyebabkan 48 korban jiwa.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mendesak agar dua kementrian yakni Kementerian Perindustrian dan Kementerian Tenaga Kerja diberikan teguran keras.

“Saya kira Kementerian Perindustrian yang harusnya mengurusi urusan standar industrinya itu. Dan tentu di dalam ada urusan dengan Kementerian Ketenagakerjaan itu harus rapat,” kata Fahri di gedung DPR, Jakarta, Senin (30/10).

Fahri menyatakan, ini bukanlah kejadian pertama yang menimpa pabrik. Terutama pabrik petasan.

“Setahu saya pabrik kembang api itu adalah pabrik yang sering terbakar karena ada barang-barang yang gampang terbakar dan meledak,” katanya.

Dia mengaku tidak tahu struktur industrinya. Fahri berpendapat pabrik kembang api itu adalah industri rumahan dengan standar keamanan dan ketenagakerjaan yang sangat rendah.

“Terbukti mempekerjakan anak-anak dan sebagainya,” ungkanya.

Fahri berujar mungkin saja di pabrik kembang api itu yang investasi mungkin kalangan bawah, usaha kecil atau malah cenderung seperti informal. Biaya produksi juga rendah.

Fahri menyatakan, ini bukanlah kejadian pertama yang menimpa pabrik. Terutama pabrik petasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News