Fahri Siap Bongkar Relasi tidak Sehat LSM dan KPK

Fahri Siap Bongkar Relasi tidak Sehat LSM dan KPK
Fahri Hamzah. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah santai meski dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi dan Mahkamah Kehormatan Dewan di DPR.

Kepemimpinan Fahri saat rapat paripurna pengambilan putusan usulan hak angket dianggap menghalang-halangi penyidikan KPK. Selain itu, Fahri juga dianggap menyalahi prosedur saat memimpin paripurna.

Fahri mengatakan, adalah hak semua orang untuk melaporkannya. "Itu hak semua orang, dan orang boleh melakukan haknya. Tapi itu menunjukkan siapa kita. Mari kita bermain dalam ranah permainan demokrasi," kata Fahri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (3/5).

Dia pun balik mempertanyakan siapa yang merasa dihalang-halangi dengan sikapnya. Fahri heran, yang dikritiknya adalah KPK tapi yang marah malah sejumlah lembaga swadaya masyarakat.

"Kalau saya jadi penghalang, siapa yg merasa dihalangi? Kenapa saya kritik KPK yang marah LSM? Saya curiga LSM kongkalingkong," ungkapnya.

Karena itu, Fahri menegaskan, jika nanti hak angket berjalan dia juga akan membuka satu pola relasi yang tidak sehat, yang tercipta di kalangan masyarakat. Sehingga penciptaan imajinasi soal korupsi itu menjadi tidak rasional, mitos dan keluar dari jalur hukum yang rasional.

"Nanti saya bisa ungkapkan itu, misalnya siapa yang dapat dana karena setiap hari memuji KPK. Itu saya tahu dan ada datanya," tegasnya.

Dia mengatakan, juga akan mempersoalkan pihak-pihak yang tidak bisa membatasi diri bahwa kebebasan tidak boleh dihakimi.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah santai meski dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi dan Mahkamah Kehormatan Dewan di DPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News