Fairwork Indonesia Rating 2023, 10 Platform Tidak Maksimal Menjamin Para Pekerja, Gawat!

Fairwork Indonesia Rating 2023, 10 Platform Tidak Maksimal Menjamin Para Pekerja, Gawat!
Nur Huda selaku peneliti CIPG dan Team Leader Fairwork mengungkapkan dari 10 platform yang dievaluasi tahun ini, tidak ada yang tampil optimal dalam menjamin standar kerja layak bagi para pekerjanya. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Centre for Innovation Policy and Governance (CIPG) bersama Fairwork Project melakukan evaluasi dan penilaian terhadap kondisi kerja di ekonomi kerja platform Indonesia tahun 2023.

Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, kondisi kerja pekerja platform cenderung stagnan dan malah melemah dari sisi ekonomi. 

Tahun ini, CIPG bersama Fairwork Project kembali merilis Fairwork Indonesia Rating 2023 yang merupakan laporan hasil riset mengenai kondisi kerja pekerja berbasis platform digital. 

Sebagai informasi, Fairwork Indonesia Rating 2023 merupakan hasil riset ketiga dari inisiatif fairwork di Indonesia yang sudah dimulai sejak 2021.

Nur Huda selaku peneliti CIPG dan Team Leader Fairwork Indonesia mengungkapkan diskusi mengenai kerja platform idealnya tidak lagi terbatas pada ojek online dengan platform transportasi semata.

Namun, perlu melihat kerja platform sebagai sebentuk pola hubungan kerja baru yang menggunakan teknologi aplikasi digital untuk sarana menghubungkan antara permintaan konsumen dengan pekerja platform sebagai penyedia jasa. 

"Hasil evaluasi tahun ini menimbulkan kekhawatiran terhadap keberlanjutan jangka panjang dan keadilan ekonomi kerja platform di Indonesia, khususnya dari sisi pekerja," tutur Nur Huda saat peluncuran Fairwork Indonesia Rating 2023 di Jakarta, Kamis (14/9).

Akan tetapi, Nur Huda menyebut belum banyak yang melihat hal itu sebagai isu serius dan mendesak untuk diselesaikan.

Fairwork Indonesia Rating 2023 sebut dari 10 platform yang dievaluasi, tidak ada yang optimal menjamin standar kerja layak bagi para pekerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News