Fakta Aneh yang Tidak Pernah Anda Tahu tentang Paspor di Dunia

Fakta Aneh yang Tidak Pernah Anda Tahu tentang Paspor di Dunia
Fakta Aneh yang Tidak Pernah Anda Tahu tentang Paspor di Dunia

jpnn.com - SINGAPURA - Panjangnya hanya 125mm dan lebarnya nyaris 90mm, namun paspor merupakan salah satu dokumen yang paling penting di dunia meskipun ia kurang dari 40 halaman.

Ini tidak hanya memungkinkan pemilik untuk melakukan perjalanan melintasi perbatasan internasional tetapi juga berfungsi sebagai dokumen identifikasi resmi.

Tapi seberapa banyak yang kita tahu tentang buku kecil dan diinginkan oleh miliaran orang di seluruh dunia tersebut? Mungkin tidak telalu banyak. Misalnya saja untuk harga satu buah paspor resmi di pasar gelap. Masing-masing paspor di dunia itu beragam harganya.

Tapi paspor Swedia adalah yang paling kuat di dunia. Menurut situs perjalanan GoEuro, dan juga salah satu dokumen perjalanan yang paling sangat dicari di pasar gelap adalah paspor Swedia.

Di pasar gelap, paspor Swedia dihargai cukup fantastis yakni hingga 6.000 pounds atau setara Rp 122 juta (dengan kurs 1 pounds = 20.376) untuk satu paspornya. Jumlah itu jauh sangat besar jika dibandingkan dengan biaya sebenarnya £ 28 untuk membuat atau memperbaharui paspor tersebut di Swedia.

Sementara untuk pembuayan paspor resmi paspor Turki tercatat yang paling mahal yakni seharga £ 166. Paspor ini memiliki banyak fitur, termasuk beberapa bisa disembunyikan di antara halaman.

"Malaysia adalah negara pertama yang menerbitkan paspor biometrik dan Austria diperbolehkan untuk memiliki dua salinan paspor mereka untuk menghindari pembatasan perjalanan tertentu," kata GoEuro seperti dilansir AsiaOne.

Cari tahu lebih banyak fakta menarik tentang paspor di seluruh dunia dalam galeri di bawah ini. (ray/jpnn)

SINGAPURA - Panjangnya hanya 125mm dan lebarnya nyaris 90mm, namun paspor merupakan salah satu dokumen yang paling penting di dunia meskipun ia kurang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News