Fakta dan Data Semifinal Piala Thomas 2016

Fakta dan Data Semifinal Piala Thomas 2016
Salah satu pilar Tim Thomas Indonesia, Jonatan Christie. Foto: AFP

jpnn.com - KUNSHAN - Untuk pertama kalinya selama lebih dari tiga dekade, tak ada nama Tiongkok dalam slot semifinal Piala Thomas.

Ironisnya, kegagalan ini terjadi di negeri sendiri. Tiongkok kandas di perempat final dari Korea Selatan 1-3. Catatan ini cukup mencengangkan dunia Tepok Bulu. Selama 34 tahun event dua tahunan Piala Thomas digeber, Tiongkok selalu menembus Empat Besar. Ya, cerita kehebatan Tiongkok berakhir di tangan Korea.

Di semifinal yang akan digelar di Kunshan Sports Center Stadium, Jumat (20/5) siang ini, Korea akan berhadapan dengan Indonesia, yang di perempat final menyingkirkan Hong Kong dengan 3-1. Sementara satu laga semifinal lainnya, akan mempertemukan Denmark versus Malaysia.

Denmark masuk semifinal usai bersusah payah mengalahkan juara bertahan Jepang dengan 3-2. Sementara Malaysia mengandaskan Taiwan dengan 3-1. 

Dua tahun lalu di New Delhi, Indonesia dan Malaysia juga masuk semifinal bersama Tiongkok dan Jepang. Kini, Denmark dan Korea menjadi temannya.

Di antara empat semifinalis Thomas Cup 2016 ini, Korea dan Denmark belum pernah sekalipun menjadi juara. Sementara Indonesia sudah 13 kali (terakhir tahun 2002) dan Malaysia sudah lima kali (terakhir tahun 1992). 

Korea dan Denmark baru sebatas Tim Nyaris Juara. Korea pernah menapak babak final sebanyak dua kali, sementara Denmark delapan kali menjadi runner up. (adk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News