Minggu, 21 April 2019 – 01:22 WIB

Fakta Penelitian Ternyata Mendengarkan Musik Bisa Merusak Kreativitas

Jumat, 12 April 2019 – 06:00 WIB
Fakta Penelitian Ternyata Mendengarkan Musik Bisa Merusak Kreativitas - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Musik sering dikaitkan dengan kreativitas. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Applied Cognitive Psychology telah menemukan bahwa mendengarkan musik latar (background music) bisa mengganggu jenis pemikiran kreatif tertentu.

Sebuah tim peneliti internasional dari Lancaster University, University of Central Lancashire — keduanya di UK — dan University of Gävle, Swedia, ingin menguji klaim beberapa ilmuwan bahwa background music bisa meningkatkan kreativitas.

BACA JUGA: Tertawa Banyak Manfaatnya Lho

Tim peneliti melakukan serangkaian percobaan yang melibatkan masalah wawasan verbal yang dikenal sebagai CRAT (compound remote associate task/tugas gabungan jarak jauh), yang biasanya digunakan dalam penelitian psikologis untuk mempelajari pemecahan masalah kreatif berbasis wawasan.

"CRAT melibatkan partisipan yang diperlihatkan tiga kata (misalnya pakaian, dial, dan bunga), dengan persyaratan untuk menemukan satu kata yang terkait (dalam hal ini matahari) yang bisa digabungkan dengan setiap kata yang disajikan (baik menjadi ditempatkan sebelum atau sesudahnya untuk membuat kata atau frasa umum (yaitu, gaun malam, jam matahari, dan bunga matahari dalam contoh ini," kata para peneliti.

Para peneliti meminta peserta untuk menyelesaikan masalah ini di lingkungan yang berbeda, baik yang tenang atau memiliki salah satu dari tiga jenis musik latar, yakni musik latar dengan lirik asing, musik instrumental tanpa lirik atau musik dengan lirik yang akrab.

Hasil tes ini menunjukkan bahwa ketika peserta mendengarkan musik sambil menyelesaikan tugas-tugas verbal, kinerja mereka "secara signifikan terganggu," dibandingkan dengan mereka yang menyelesaikan tugas dengan kondisi latar belakang yang tenang.

BACA JUGA: Joging 15 Menit Sehari Bisa Mengurangi Risiko Depresi

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar