Fakta tentang Demam Berdarah dan Cara Mencegahnya

Fakta tentang Demam Berdarah dan Cara Mencegahnya
ILUSTRASI. FOTO: Wikimedia.org

jpnn.com - Demam berdarah ditularkan dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Gejala demam berdarah berkisar dari yang ringan hingga berat. Pada dasarnya gejala demam berdarah bisa diatasi dirumah, namun karena keterbatasan pengetahuan dan peralatan di banyak rumah, maka kebanyakan kasus demam berdarah ditangani di rumah sakit. Demam berdarah banyak terjadi di negara-negara tropis.

“Apa yang kebanyakan orang tidak sadari adalah bahwa nyamuk demam berdarah bisa berkembang di air bersih yang segar bukan di air kotor. Dengan demikian, orang yang tinggal di lingkungan perkotaan yang bersih lebih berisiko tertular penyakit ini," kata President HCFI & Honorary Secretary General IMA, Dr. KK Aggarwal, seperti dilansir laman India Times, Kamis (17/9).

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Jika Anda terkena demam berdarah Anda tidak perlu panik. Anda harus mengonsumsi banyak cairan karena bahaya demam berdarah terletak di dehidrasi dan harus mendapatkan transfusi trombosit jika jumlah trombosit Anda di bawah 10.000.

Gejala demam berdarah termasuk sendi parah dan nyeri otot, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit kepala, demam, kelelahan dan ruam. Karena demam dengue disebabkan oleh virus, tidak ada obat tertentu atau antibiotik untuk mengobatinya.

Berikut adalah beberapa tempat di mana nyamuk berkembang biak

1. Menghilangkan genangan air di selokan hujan, ban bekas, ember, plastik penutup, mainan atau wadah lain di mana nyamuk bisa berkembang biak.

2. Membersihkan air mancur, kolam, tong hujan dan pot tanaman setidaknya seminggu sekali untuk menghancurkan habitat nyamuk potensial.


Gunakan barriers

Demam berdarah ditularkan dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Gejala demam berdarah berkisar dari yang ringan hingga berat. Pada dasarnya gejala demam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News