Faktor Cuaca jadi Kendala Pengiriman BBM ke Karimun Jawa

Faktor Cuaca jadi Kendala Pengiriman BBM ke Karimun Jawa
SPBU

jpnn.com, JAWA TIMUR - PT Pertamina menyiapkan berbagai upaya untuk mengirimkan BBM dan LPG ke Karimun Jawa, baik melalui pelabuhan Tanjung Mas Semarang maupun Pelabuhan Jepara.

“Pertamina akan tetap mengupayakan mana yang tercepat dan teraman untuk mengirimkan BBM dan LPG ke Karimun Jawa,” ujar Manager Communication dan CSR MOR IV Andar Titi Lestari.

Menutut Andar, selama semua sudah sesuai standard prosedure, standard HSSE, serta mendapatkan ijin layar dari Syahbandar pihaknya akan segera mengirimkan.

Pertamina MOR IV telah menyiapkan BBM untuk disalurkan ke Karimunjawa sejak 10 Januari 2018 lalu dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Namun, faktor cuaca menjadi kendala utama pengiriman yang mengakibatkan belum diterbitkannya Surat Ijin Berlayar oleh Syahbandar Tanjung Emas.

"Pengiriman BBM ke Karimun Jawa menjadi prioritas kami saat ini, mengingat persediaan BBM di lokasi tersebut sudah menipis dan pengiriman hanya menggunakan kapal sebagai moda transportasi. Sejak 10 Januari 2018 kapal sudah disiapkan dengan muatan BBM berupa Pertalite 65 KL, Bio Solar 45 Kl, Dexlite 5 KL, total 115 Kl," jelasnya.

Jumlah tersebut menurut Andar sudah dioptimalkan dari yang sebelumnya disiapkan hanya 75KL.

“Koordinasi dengan otoritas Pelabuhan Tanjung Mas, Jepara dan Karimun selalu kami lakukan untuk memantau dan memonitor kondisi cuaca hingga mendapatkan ijin layar dari pihak Syahbandar,” kata Andar.(chi/jpnn)


Pertamina MOR IV telah menyiapkan BBM untuk disalurkan ke Karimunjawa sejak 10 Januari 2018 lalu dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News