Fasilitas DPR RI Lebihi Dewan AS

Fasilitas DPR RI Lebihi Dewan AS
Fasilitas DPR RI Lebihi Dewan AS
JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah, Cecep Effendy mengatakan fasilitas yang didapat oleh anggota DPR RI jauh lebih banyak dari yang diperoleh anggota DPR di Amerika Serikat (AS). Misalnya, fasilitas rumah jabatan, tak diterima oleh anggota dewan di Amerika Serikat, sebagaimana diterima anggota DPR RI.

"Kecuali soal jumlah staf ahli dan kelengkapan sarana teknologi komunikasi, itu memang sangat luar biasa. Tapi di luar itu, seperti gaji, rumah dinas, plesiran dan fasilitasnya, tidak ada yang menandingi anggota DPR RI," kata Cecep Effendy, di Jakarta, Senin (25/10).

Cecep yang juga mantan staf anggota DPR AS, James A Leach daerah pemilihan (dapil) Iowa, menjelaskan, andai kebutuhan akan staf ahli dan teknologi komunikasi anggota DPR dipenuhi secara maksimal, tidak ada jaminan kinerja para anggota dewan akan lebih baik.

"Optimalisasi dari banyaknya staf ahli dan keberadaan teknologi informasi sangat tergantung dari kecerdasan intelektual, moral dan emosional mereka dalam memanfaatkan fasilitas tersebut. Tiga hal pokok tersebut yang hingga kini belum independen dalam diri anggota DPR karena dalam prakteknya setiap anggota DPR lebih menjadi representasi partai politik ketimbang menyuarakan aspirasi rakyat yang diwakilinya," ungkap Cecep.

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah, Cecep Effendy mengatakan fasilitas yang didapat oleh anggota DPR RI jauh lebih banyak dari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News