Fasilitas Nuklir Meledak, Tak Picu Radiasi

Prancis Masih Investigasi

Fasilitas Nuklir Meledak, Tak Picu Radiasi
Fasilitas Nuklir Meledak, Tak Picu Radiasi
PARIS – Ledakan di fasilitas nuklir Centraco di Codolet, Rhone Valley, dekat Kota Nimes, selatan Prancis, Senin siang (12/9) waktu setempat dinyatakan tidak berdampak sangat serius. Usai meninjau lokasi ledakan kemarin (13/9), Menteri Lingkungan Hidup Prancis Nathalie Kosciuscko-Morizet sengaja menggelar jumpa pers.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tidak ada satu detektor pun baik yang terpasang di dalam atau di luar fasilitas tersebut yang menangkap gejala radiasi," tuturnya.

Kendati demikian, Kosciuscko-Morizet mengakui bahwa sejauh ini penyebab ledakan belum diketahui. Karena itu, polisi terus menginvestigasi. Hanya, pemerintah Prancis berani memastikan bahwa tak terjadi kebocoran radioaktif dalam ledakan di fasilitas pembuangan nuklir di kawasan Languedoc-Roussillon, sekitar 32 km utara kota pariwisara Avignon tersebut.

Meski ledakan hanya terjadi pada perapian yang biasa digunakan untuk membumihanguskan sampah nuklir dan sampah logam, warga Prancis sempat khawatir bakal terjadi krisis seperti kebocoran di PLTN Fukushima, Jepang. Satu tewas dan empat orang terluka dalam ledakan tersebut.

PARIS – Ledakan di fasilitas nuklir Centraco di Codolet, Rhone Valley, dekat Kota Nimes, selatan Prancis, Senin siang (12/9) waktu setempat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News