Fasilitasi Eksportir, BPEN Gandeng Sinar Mas

Fasilitasi Eksportir, BPEN Gandeng Sinar Mas
Fasilitasi Eksportir, BPEN Gandeng Sinar Mas
JAKARTA--Dalam rangka menyediakan fasilitas dan membantu  para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) eksportir di Indonesia, Badan Pengembangan Ekspor Nasional (BPEN) Departemen Perdagangan RI dengan PT Sinar Mas Multi Artha (SMMA) selaku mitra eksklusif Alibaba.com melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) Free Membership UKM, di Jakarta, Jumat (26/6).

“Kerjasama ini adalah suatu bentuk dukungan penuh terhadap para eksportir di Indonesia untuk melakukan ekspansi usaha yang lebih agresif menembus akses pasar global melalui jalur e-commerce yang efektif,” terang Kepala BPEN, Bachrul Chairi, Jumat (26/6). Dalam kerjasama tersebut, Pusat Dagang Kecil Menengah (PDKM) Departemen Perdagangan telah memilih 250 UMKM berdasarkan pretasi untuk menjadi member atau anggota website Alibaba.com.

“Keanggotaan ini akan memberikan keuntungan. UMKM dapat lebih mudah dan cepat memperoleh akses ke pasar global tanpa harus mengeluarkan banyak biaya karena aktivitas pemasaran tidak dilakukan dengan mengikuti expo di luar negeri,” jelasnya. Dikatakan, di tengah krisis global saat ini, ekonomi Indonesia memang mengalami penurunan permintaan di pasar global. “Ini juga telah mengakibatkan transasksi ekspor selama lima bulan pertama tahun 2009 menurun drastis apabila dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2008 lalu,” ujarnya.

Sebagai informasi, Alibaba.com merupakan salah satu website penyedia jasa utama global business to business (B2B) e-commerce, dimana dari 40 juta anggota yang berasal dari 240 negara. Hingga saat ini ada sebanyak 250 ribu pelaku usaha asal Indonesia. Pada Oktober 2008, Alibaba.com telah menunjuk SMAA menajdi mitra eksklusifnya di Indonesia untuk membantu para eksportir Indonesia menjalankan bisnis online. (cha/JPNN)

JAKARTA--Dalam rangka menyediakan fasilitas dan membantu  para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) eksportir di Indonesia, Badan Pengembangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News