Fathanah Mengaku Tak Kenal Sengman Utusan SBY

Fathanah Mengaku Tak Kenal Sengman Utusan SBY
Fathanah Mengaku Tak Kenal Sengman Utusan SBY

jpnn.com - JAKARTA - Nama pengusaha Sengman Tjahja yang disebut-sebut sebagai utusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) muncul pada persidangan atas Ahmad Fathanah di Pengadilan Tipikor Jakarta, pakan lalu. Nama Sengman muncul saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK memutar isi rekaman pembicaraan per telepon antara Fathanah dengan Ridwan Hakim, putra Ketua Majelis Syura PKS, Hilmi Aminuddin.

Namun, Fathanah membantah anggapan bahwa dirinya kenal sengan Sengman.  "Ketemu saja tidak pernah, jabat tangan saja tidak pernah. Prinsipnya, saya tidak kenal Sengman," kata Fathanah usai menjalani persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (2/9).

Tak hanya itu, Fathanah juga mengaku tak kenal siapa Haji Susu dan Bunda Puteri. Padahal, dua nama itu sebelumnya juga muncul dalam sadapan KPK yang diputar di persidangan. Fathanah beralasan, nama-nama itu muncul dari Ridwan. "Itu masalah Ridwan. Justru itu muncul dari Ridwan," kata Fathanah.

Nama Sengman, Haji Susu maupun Bunda Puteri muncul saat Ridwan Hakim pengusaha sekaligus putra Ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera Hilmi Aminuddin bersaksi di persidangan Fathanah, Kamis (29/8). Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi memutar rekaman sadapan pembicaraan Fathanah dan Ridwan Hakim.

Pengacara bekas Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq, Mohamad Assegaf mengaku akan bertanya kepada kliennya soal nama-nama baru yang muncul di persidangan tersebut. "Kita berkepentingan sekali untuk menanyakan kepada LHI sejauh apa pengetahuannya soal nama-nama Sengman, Bunda Puteri, Haji Susu. Itu yang mau kita tanyakan kepada LHI kalau kita ketemu hari ini," kata Mohamad Assegaf kepada wartawan di Kantor KPK, Senin (2/9).

Dia memastikan Luthfi belum kenal atau belum tahu tentang nama-nama itu. "Artinya selama berinteraksi dengan dia, nama itu tidak muncul karena itu kan komunikasi antara Ridwan dengan Fathanah," kata Assegaf.

Menurutnya, selama ini Luthfi tidak pernah berbicara kepadanya soal nama Bunda Puteri, Sengman dan Haji Susu. "Tidak pernah sama sekali. Tapi saya katakan buat kita ini suatu surprise baru karena perkembangan perkara ini jadi kita berkepentingan dan hari ini saya akan menanyakannnya langsung," kata dia. (boy/jpnn)

JAKARTA - Nama pengusaha Sengman Tjahja yang disebut-sebut sebagai utusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) muncul pada persidangan atas Ahmad


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News