Fatima Mernissi Meninggal Dunia

Pionir Feminis Islam

Fatima Mernissi Meninggal Dunia
Fatima Mernissi/ youtube

jpnn.com - RABAT- Pemikir, Penulis,  sekaligus pionir feminis Islam, Fatima Mernissi, dikabarkan meninggal dunia, tadi malam. Dia meninggal pada usia 75 tahun.

Perempuan yang lekat dengan tulisannya tentang isu keperempuanan dalam islam dan kritiknya pada dominasi laki-laki itu meninggal karena sakit.  "Sang penulis 75 tahun itu dilaporkan meninggal di sebuah klinik, di kota Rabat," tulis BBC news.

Yang banyak diingat oleh orang, bahwa sikap Fatima Mernissi yang mendobrak kebiasaan pemikiran islam, terutama tentang perempuan, itu membuat dunia gempar. Tak hanya itu, dia juga konsen melakukan studi tentang demokrasi dan hak asasi manusia di tanah arab.

"Dia adalah perempuan pertama yang berani mendobrak anggapan tabu untuk menginterpretasikan Quran dan nilai-nilai tradisi di islam yang sudah tertulis," terang Sumaya Naaman rekannya sesama ahli sosiologi dari Maroko. (dkk/jpnn) 


RABAT- Pemikir, Penulis,  sekaligus pionir feminis Islam, Fatima Mernissi, dikabarkan meninggal dunia, tadi malam. Dia meninggal pada usia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News