Februari 2014, Momen Deklarasi Jokowi jadi Capres

Februari 2014, Momen Deklarasi Jokowi jadi Capres
Februari 2014, Momen Deklarasi Jokowi jadi Capres

jpnn.com - JAKARTA -  Board of Advisor Center for Strategic and International Studies (CSIS), Jeffrie Geovanie menilai penunjukan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membacakan Dedication of Life Bung Karno merupakan salah satu strategi menghadapi Pemilu 2014. Apalagi penugasan itu dilakukan sendiri oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta, Jumat (6/9).

Jeffrie mengatakan peristiwa di Rapimnas PDIP dengan tampilnya Jokowi -sapaan akrab Joko Widodo- merupakan sinyal politik Megawati terhadap khalayak. Kata dia, isyarat itu untuk menjawab spekulasi politik kepastian Jokowi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 mendatang.

"Biarkan rasa penasaran khalayak menjadi semakin besar dan itu sangat menguntungkan buat PDIP. Biarkan juga kita nikmati kasak kusuk tokoh-tokoh yang berusaha mendekati Jokowi dan berharap akan di pilih oleh Megawati sebagai wakilnya Jokowi," kata Jeffrie ketika dihubungi wartawan, Sabtu (7/9).

Saat ini, pengumuman Jokowi memang dianggap belum tepat. Alasannya, jika diumumkan sekarang maka resistensi dan risikonya sangat besar. "Pengumuman yang tepat adalah awal Februari 2014 yang akan datang," kata Jeffrie.

Jeffrie menjelaskan tingginya elektabilitas Jokowi menjadi kontribusi tersendiri buat PDIP. Peningkatan keterpilihan yang berbarengan antara Jokowi dan PDIP diprediksi akan membuat keduanya berjaya pada Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pilpres 2014.

Kejayaan partai yang berlambang kepala banteng bermoncong itu kata dia merupakan hasil dari sikap konsisten PDIP sebagai oposisi terhadap dwi kemenangan yang spektakuler.

"Pelajaran berharga buat partai-partai pragmatis yang lebih suka jadi bagian dari pemerintahan dengan tukar menukar 2-3 kursi menteri," pungkas Jeffrie. (awa/jpnn)

 

JAKARTA -  Board of Advisor Center for Strategic and International Studies (CSIS), Jeffrie Geovanie menilai penunjukan Gubernur DKI Jakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News