Februari, Aturan Kuliah Jarak Jauh Diterbitkan

Februari, Aturan Kuliah Jarak Jauh Diterbitkan
Ilustrasi mahasiswa wisuda. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Perguruan Tinggi diminta mulai menyiapkan pembelajaran daring (online/distance learning) dengan merujuk Peraturan Menteri (Permen) tentang standar Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Ainun Na'im, rencananya Permenristekdikti PJJ diterbitkan Februari.

"Insyaallah bulan depan, permennya sudah ada jadi kuliah jarak jauh sudah bisa dilaksanakan," ujar Ainun di kantornya, Senin (29/1).

Dia menjelaskan, Permenristekdikti tentang PJJ mengatur dan memfasilitasi pembukaan serta pengembangan kuliah jarak jauh (daring).

PJJ ditujukan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan tinggi secara fleksibel lintas ruang serta waktu, dengan menggunakan teknologi informasi.

"PJJ bisa dilaksanakan pada tingkat mata kuliah, program studi, dan perguruan tinggi (cyber university)," tambah Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Prof Intan Ahmad.

Saat ini, lanjutnya, Indonesia mempunyai Universitas Terbuka (UT) yang dikembangkan lebih lanjut sehingga bisa berperan sebagai Cyber University.

Itu sebabnya perguruan tinggi selain UT juga didorong untuk mengembangkan PJJ.

Permenristekdikti tentang PJJ mengatur dan memfasilitasi pembukaan serta pengembangan kuliah jarak jauh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News