Festival Budaya Lembah Baliem Segera Digelar di Wamena, Yuk ke Sana...

Festival Budaya Lembah Baliem Segera Digelar di Wamena, Yuk ke Sana...
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - WAMENA - Festival Budaya Lembah Baliem di Wamena bakal digelar pada 8-11 Agustus 2016. Inilah festival tertua yang ada di jantung Pulau Papua.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pengunjung Festifal akan bisa melihat ratusan suku yang tersebar di Papua serta beragam keunikan yang membungkus kawasan di sekitar Wamena. “Anda ingin sensasi keindahan alam dan budaya Papua, silakan berkunjung ke Lembah Beliem, Wamena, Papua,” katanya di Jakarta, Senin (1/8).

Menurut Arief, selama ini pengembangan Wamena sebagai destinasi wisata selalu terkendala akses dan amenitas. Kendala aksesnya adalah terkait ketersediaan jalan, lokasinya yang jauh, biaya mahal dan juga butuh waktu. Orang bahkan sering membandingkannya dengan outbound yang biayanya lebih murah.

“Kedua adalah amenitas, fasilitas pendukung pariwisata seperti hotel, resto, kafe dan lain yang dibutuhkan seorang wisman semasa di sana,” ungkap Arief.

Sedangkan untuk soal atraksi, daya tarik Lembang Baleem jelas luar biasa. Lokasinya yang dipagari Pegunungan Trikora membuat Lembah Baliem menyimpan keindahan alam luar biasa.

Titik tertinggi mata memandang adalah Puncak Jaya, satu-satunya tempat di Indonesia yang berselimut es abadi. Sedangkan untuk wisata baharinya ada Danau Habema yang didisebut-sebut sebagai danau tertinggi di Indonesia.

Kehidupan zaman batu yang jauh dari peradaban modern juga bisa dirasakan di sana. Pengunjung bisa mengenakan pakaian adat setempat seperti koteka/hodlim.

Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan tinggal di dalam honai, sebuah rumah adat warga setempat sekaligus iktu memasak dengan cara bakar batu, serta turut dalam tarian perang.

WAMENA - Festival Budaya Lembah Baliem di Wamena bakal digelar pada 8-11 Agustus 2016. Inilah festival tertua yang ada di jantung Pulau Papua. Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News