Festival FIP, KLHK Dorong Kesadaran Masyarakat Soal Betapa Bernilainya Hutan Indonesia

Festival FIP, KLHK Dorong Kesadaran Masyarakat Soal Betapa Bernilainya Hutan Indonesia
Gerai pameran Festival Forest Investment Program 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rabu (26/10). Foto: dokumentasi humas KLHK

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau KLHK menggelar Festival Forest Investment Program 2022.

Direktur Pengelolaan Hutan Lestari (PHL) KLHK Agus Justianto menyebutkan kegiatan ini merupakan bagian dari program FIP untuk mempromosikan kinerja yang telah dilakukan oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) maupun Kelompok Tani Hutan (KTH) di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini disajikan secara interaktif guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang betapa bernilainya hutan Indonesia,” kata Agus, Rabu (26/10).

Dia menjelaskan bahwa perluasan informasi mengenai pengelolaan sumber daya alam khususnya yang berasal dari hutan menjadi salah satu tujuan utama digelarnya kegiatan ini.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan nilai kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan usaha berbasis hasil hutan bukan kayu atau secara khusus dari masyarakat yang menerima langsung dukungan dari FIP,” ungkap Agus.

Festival FIP juga menghadirkan langsung 13 KPH dari delapan provinsi dan 1 NGO penerima Dedicated Grant Mechanism.

Selain pameran dari KPH yang menjadi peserta, kegiatan ini juga akan diisi oleh beberapa agenda seminar, seperti “Peran Perempuan Sebagai Pelestari Lingkungan”, “Kisah Inspiratif Pengelolaan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Berbasis Kearifan Lokal”, dan “Kebijakan Multi Usaha Kehutanan dan Peluang Pengembangan Usaha Hasil Hutan”.

Acara-acara seperti pertunjukan musik yang salah satunya akan diisi oleh Wali Band dan penampilan Komika David Nurbiyanto juga akan menemani para pengunjung pameran. (mcr4/jpnn)

KLHK menggelar Festival FIP untuk mendorong kesadaran masyarakat betapa bernilainya hutan Indonesia.


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News