Jumat, 16 November 2018 – 04:37 WIB

Festival Kerambitan Awali Perayaan HUT Tabanan

Minggu, 21 Oktober 2018 – 09:42 WIB
Festival Kerambitan Awali Perayaan HUT Tabanan - JPNN.COM

jpnn.com, TABANAN - Kabupaten Tabanan di Bali akan segera merayakan ulang tahunnya ke-525 pada akhir November mendatang. Rangkaian perayaan HUT ke-525 Tabanan telah dimulai pada Kamis lalu (18/10) dengan Festival Kerambitan.

Bupati Tabanan Ni Eka Putu Wiryastuti mengatakan, tema Festival Kerambitan tahun ini adalah Yowana Masikian yang bermakna harmoni di tanah penuh berkah. Menurutnya, tema itu mengangkat nilai-nilai kebersamaan sebagai masyarakat agar saling tolong demi kebaikan dan kemajuan bersama.

Eka mengatakan, Festival Kerambitan sebagai event tahunan telah menjadi ciri khas Tabanan. Pesan dalam festival itu adalah menonjolkan kebersamaan untuk memberikan yang terbaik.

”Saya betul-betul bangga, bersyukur dan berterima kasih dengan adanya festival ini. Festival Kerambitan menjadi trade mark yang tiap tahun selalu menampilkan kearifan lokal berpadu dengan pelestarian alam,” ujar Eka.

Ada berbagai macam kesenian yang ditampilkan pada Festival Kerambitan. Antara lain tari kecak kolosal, pergelarang gong kebyar, okokan dan tektekan massal.

Selain itu, ada 525 penari yang menarikan tari rejang. Jumlah penarinya merujuk pada usia Kabupaten Tabanan.

Ada pula tari pendet dengan penari lintas generasi dari usia PAUD, SD, SMP, SMA hingga PKK. Tari sandat serasi sebagai maskot Tabanan juga ditampilkan pada Festival Kerambitan.

Eka menambahkan, pada Festival Kerambitan juga ada peluncuran program Umaurip. Nama itu merupakan akronim dari kata utamaning uma lan urip.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar