Festival Penguatan Moderasi Beragama Digelar di Candi Prambanan, Catat Tanggalnya 

Festival Penguatan Moderasi Beragama Digelar di Candi Prambanan, Catat Tanggalnya 
Dirjen Bimas Hindu I Nengah Duija. Foto: dok. Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Festival Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Seni Keagamaan Tahun 2022 di Candi Prambanan.

Dirjen Bimas Hindu I Nengah Duija mengatakan festival tersebut merupakan wujud nyata bahwa moderasi beragama bukan hanya sebuah narasi, melainkan sudah menjadi praksis setiap individu dalam kehidupan sehari-hari yang berasaskan toleransi. 

"Hanya melalui seni kebudayaan bisa menghilangkan gesekan dalam agama, politik dan lainnya untuk bersatu menikmati keindahan seni," kata I Nengah Duija, Jumat (25/11).

Dia menjelaskan penguatan moderasi beragama pada dasarnya adalah menghadirkan negara sebagai rumah bersama yang adil dan ramah bagi bangsa Indonesia untuk menjalani kehidupan beragama yang rukun, damai, dan makmur. 

Moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global.

Salah satu hal yang dapat dilakukan guna membumikan dan memperkuat moderasi beragama adalah melalui seni. 

"Seni merupakan bahasa universal yang bisa digunakan lintas agama, lintas budaya, dan lintas etnis," ujarnya.

Selain menampilkan keindahan, ujar I Nengah Duija, seni juga mampu menjadi media penyampaian pesan kebaikan, kerukunan dan kedamaian yang dapat diterima oleh semua kalangan yang berbeda suku, bahasa, adat istiadat, budaya dan agama.

Festival Penguatan Moderasi Beragama akan digelar di Candi Prambanan, catat tanggalnya 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News