Festival Pesona Teluk Tomini Luar Biasa

Festival Pesona Teluk Tomini Luar Biasa
Menteri Pariwisata Arief Yahya. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, PARIGI MOUTONG - Puncak penyelenggaraan Festival Pesona Teluk Tomini (FPPT) 2017 berakhir manis.

Perhelatan yang didukung oleh Kementerian Pariwisata ini diakhiri dengan karnaval fashion yang diikuti oleh sekitar seratus peserta, termasuk dari luar negeri dalam perhelatan puncak FPPT di Pantai Kayu Bura Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah, Minggu 9 April 2017.

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu melepas puluhan perahu layar tradisional yang mengambil start dari Kecamatan Moutong dan finish di lokasi puncak acara Pantai Kayu Bura.

"FPTT 2017 ini memang digelar spektakuler agar dapat menarik perhatian wisatawan, baik wisnus maupun wisman untuk berkunjung ke sini. Banyak potensi yang bisa lebih dikembangkan seperti lokasi pulau kelelawar, air terjun Liku Nggavali, semua kami perlihatkan lewat festival ini," katanya

Seperti diketahui, kegiatan ini sudah dimulai rangkaian acaranya dengan perhelatan lomba lari marathon internasional  bertajuk Equator 10 Km yang sudah dimulai sejak Sabtu, 1 April 2017 dan diikuti pelari dari tiga negara yang dimenangkan Pelari asal Kenya.

Dalam acara puncak, ribuan orang berduyun-duyun datang ke puncak acara tersebut.

Selain lomba lari, perhelatan tersebut juga dilakukan lomba pegelaran musik dangdut, pop dan rock serta pemilihan putra dan putri bahari Parigi Moutong. Bukan itu saja, rangkaian FPPT juga ada sejumlah perlombaan yakni lomba lukis, pameran kerajinan rakyat dan festival kuliner.

Beragam makanan tradisional juga ditampilkan di acara tersebut, salah satunya adalah lalampa, hidangan sejenis lemper berisi ikan cakalang yang tahun lalu berhasil mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) membakar Lalampa dengan peserta terbanyak.

Puncak penyelenggaraan Festival Pesona Teluk Tomini (FPPT) 2017 berakhir manis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News