Festival Sungai Batanghari Pancarkan Pesonanya di Sumatera

Festival Sungai Batanghari Pancarkan Pesonanya di Sumatera
Pelepasan lampion di Festival Sungai Batanghari. Foto: Istimewa

jpnn.com, BATANG HARI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi kembali menggelar kegiatan "Festival Sungai Batanghari".

Kegiatan yang resmi dimulai Rabu (22/11) kemarin di kawasan Wisata Tanggo Rajo Kota Jambi ini, merupakan bagian dari upaya mempromosikan wisata di Provinsi Jambi. Sekaligus sebagai upaya melestarikan keberadaan Sungai Batanghari.

Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera yang memiliki banyak catatan sejarah dan peradaban yang terdapat di sekitarnya.

Baik itu mengenai jalur perdagangan antarbangsa pada masa lampau maupun tentang peradaban dan kebudayaan Melayu yang sampai saat ini masih terjaga.

"Sehingga melalui acara ini tidak hanya kaitannya terhadap promosi dan pengembangan wisata yang terdapat di kawasan tersebut, tapi juga pelestarian. Karena nilai catatan sejarah dan peradaban yang tinggi," ujar Zumi Zola.

Festival yang akan berlangsung hingga Sabtu (25/11) akan diisi dengan berbagai rangkaian acara. Seperti pagelaran seni se-Provinsi Jambi, lomba tari kreasi daerah Jambi, festival band, pameran dan bazaar. Festivalnya juga semakin lengkap dengan lomba masak kuliner tradisional Jambi serta panggung hiburan rakyat.

"Ada juga karnaval busana kreasi batik dari para desainer Jambi dan paguyuban," jelas Zumi Zola.Kemudian ada pelepasan 1.000 lampion, permainan sinar laser, tampilan musik dan puisi, permainan biola cilik geisha dan demo kopi khas Jambi dari 16 pelaku usaha kopi se-Provinsi Jambi.

Tidak ketinggalan makan berawang bersama yang mengangkat seni budaya tradisi kearifan lokal.

Festival sungai Batanghari diisi beragam acara seperti pagelaran seni se-Provinsi Jambi, lomba tari kreasi daerah Jambi, festival band, pameran dan bazaar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News