Festival TIK 2022 Diharapkan Percepat Pemulihan Pariwisata Pontianak

Festival TIK 2022 Diharapkan Percepat Pemulihan Pariwisata Pontianak
Festival TIK 2022 hasil kolaborasi Kemenkominfo dengan sejumlah instansi diharapkan mempercepat pemulihan pariwisata Pontianak. Foto: Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Pemkot, dan Politeknik Negeri Pontianak menggelar Festival TIK 2022.

Ketua Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan Kemenkominfo Bambang Tri Santoso mengatakan data Kemenparekraf di tahun 2021 menyebutkan 409 ribu tenaga kerja sektor pariwisata kehilangan pekerjaan.

Terdapat pula penurunan Rp 20,7 miliar pendapatan negara.

Tidak hanya itu, tahun 2020 hanya 25 % dari jumlah wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia di 2019.

Hal ini memberikan gambaran dampak dari pandemi Covid-19 telah meluluhlantakkan sektor pariwisata. 

"Pemerintah memiliki peran besar melaksanakan program strategis untuk pemulihan sektor pariwisata di tanah air salah satunya melalui Kominfo," kata Bambang Tri Santoso dalam keterangannya, Sabtu (10/12).

Dia menyebutkan dengan memberikan pelatihan langsung ke lapangan hampir satu bulan oleh tim yang mempunyai keahlian di bidangnya untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat desa yang menggeluti bidang pariwisata. 

"Di program ini, kami mendidik generasi muda untuk memiliki skill tertentu di bidang pariwisata, dan bagaimana membuat kemasan pariwisata. Output-nya adalah video teaser, promosi, dan virtual event,“ jelas Bambang.

Festival TIK 2022 hasil kolaborasi Kemenkominfo dengan sejumlah instansi diharapkan mempercepat pemulihan pariwisata Pontianak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News