FIA Transparansi Keputusan Steward

FIA Transparansi Keputusan Steward
FIA Transparansi Keputusan Steward
PARIS - Banyaknya kritik terhadap keputusan steward sepanjang musim Formula 1 2008 membuat FIA menerapkan kebijakan baru untuk musim depan. Lembaga yang dipimpin Max Mosley itu akan memberikan penjelasan lebih rinci kepada publik mengenai setiap keputusan yang diambil pengawas lomba. Itu merupakan hasil pertemuan FIA dengan World Motor Sport Council di Paris.

Sebelumnya, banyak pengamat dan mantan pembalap menyatakan terlalu banyak penalti sepanjang F1 musim 2008. Salah satu yang paling kontroversial adalah penalti 25 detik bagi Lewis Hamilton pada Grand Prix Belgia di Spa-Francorchamps, September lalu. Akibat penalti itu, Hamilton harus merelakan kemenangannya kepada Felipe Massa yang finis kedua pada lomba.

Tuduhan bahwa FIA lebih berpihak kepada Massa dan Ferrari sempat bermunculan. McLaren sempat melakukan banding karena sepanjang lomba mengaku telah mendapatkan kepastian bahwa manuver Hamilton menyalip Kimi Raikkonen adalah legal. Namun, banding mereka gagal karena penalti terhadap Hamilton termasuk kategori tidak bisa dibanding karena penalti drive through.

Nah, untuk mencegah hal itu terulang, FIA akan lebih terbuka dalam mengumumkan keputusan pengawas lomba. Setiap keputusan dilansir di situs FIA beserta penjelasan mengapa keputusan itu diambil plus rekaman tambahan.

PARIS - Banyaknya kritik terhadap keputusan steward sepanjang musim Formula 1 2008 membuat FIA menerapkan kebijakan baru untuk musim depan. Lembaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News