FIA Unilak dan KLHK Susun Agenda Kerja Sama Perubahan Iklim

FIA Unilak dan KLHK Susun Agenda Kerja Sama Perubahan Iklim
Kasubdit Adaptasi Perubahan Iklim KLHK, Tri Widayati saat berkunjung ke kampus FIA Unilak, Pekanbaru, sebagai tindaklanjut perjanjian kerja sama FIA Unilak dan KLHK. Foto: dok Unilak

jpnn.com, RIAU - Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning (FIA Unilak) Pekanbaru dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), mulai menyusun rencana kerja menindaklanjuti perjanjian kerja sama (PKS) antara kedua belah pihak.

Secara virtual, Kamis (20/5) digelar rapat untuk mematangkan berbagai agenda kerja antarpihak berkaitan dengan perubahan iklim.

''KLHK butuh mitra strategis untuk agenda perubahan iklim, dan dengan adanya PKS ini maka salah satu mitra di Riau adalah FIA Unilak untuk mempercepat target perubahan iklim. Kami siap memberikan dukungan peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa, terutama dalam menjalankan agenda Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkaitan dengan perubahan iklim,'' kata Kepala Bagian Hukum dan Kerja Sama KLHK, Lawin Bastian.

Hal senada juga disampaikan Direktur Adaptasi Perubahan Iklim, Sri Tantri Arundhati. Pihaknya telah mengutus Kasubdit Adaptasi Perubahan Iklim KLHK, Tri Widayati dan tim ke kampus FIA Unilak pada 28 April 2021 lalu

''- Karena kegiatan di tingkat tapak sebenarnya sudah ada, tetapi secara administratif dan kelembagaan masih lemah, maka di sinilah kami melihat peran strategis FIA Unilak untuk mengisinya,'' kata Tantri.

Sementara itu, Dekan FIA Unilak, Alexander Yandra berjanji dalam waktu dekat akan menyerahkan timeline agenda kerja yang akan disinkronkan dengan agenda di KLHK terkait perubahan iklim.

Hal ini sebagaimana amanat dalam PKS yang sudah disepakati kedua belah pihak.

''Kami akan susun secepatnya, terutama untuk mengejar momentum Hari lingkungan hidup se-dunia. Selain itu ada agenda magang mahasiswa yang akan kami fokuskan pada tema Perubahan Iklim. Kapasitas Dosen dan Mahasiswa tentu saja menjadi fokus utama kami, dan bersama-sama akan kami kerjakan dengan dukungan penuh KLHK serta para pihak lainnya,'' kata Alexander.

Peran serta akademisi di FIA Unilak melalui pengajaran, penelitian dan pengabdian, tentu akan sangat membantu kami terutama dalam mewujudkan terbentuknya kampung iklim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News