FIFA Matchday: Timnas Indonesia Hadapi Tajikistan Maret, Bolivia Masih Negosiasi

FIFA Matchday: Timnas Indonesia Hadapi Tajikistan Maret, Bolivia Masih Negosiasi
Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri. Foto: Amjad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia hampir dipastikan menghadapi Tajikistan dalam FIFA Matchday pada rentang tanggal 20-28 Maret 2023.

"Sementara calon lawan lainnya Bolivia masih dalam negosiasi," ujar Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

"Sepertinya Tajikistan sudah oke. Namun, Bolivia tampaknya mendapatkan tawaran dari Arab Saudi dengan 'match fee' lebih besar. Jadi kami terus bernegosiasi dengan mereka. Kalau tidak bisa, kami akan cari lawan lain yang selevel (dengan Bolivia-red)," ujar Indra di Jakarta, Senin (13/2).

Menurut pria yang ditunjuk menjadi pelatih timnas U-22 di SEA Games 2023 itu, jumlah "match fee" atau upah pertandingan menjadi salah satu penentu ketika mengundang negara yang berperingkat 100 FIFA atau di atasnya seperti Bolivia.

Per 22 Desember 2022, Bolivia memang menduduki posisi ke-82 di peringkat FIFA. Adapun Tajikistan duduk di anak tangga ke-108, sementara Indonesia di posisi ke-151 FIFA.

"Negara-negara di posisi 100 ke atas di peringkat FIFA biasanya sudah memasang tarif laga. Mereka meminta 'match fee' yang tidak sedikit," kata Indra, tanpa memberitahukan berapa nilai "match fee" yang ditawarkan PSSI untuk Bolivia.

PSSI sengaja memilih tim-tim kuat untuk menghadapi timnas Indonesia di laga resmi FIFA.

Pada pertandingan persahabatan FIFA sebelumnya, September 2022, timnas Indonesia dua kali melawan Curacao di Tanah Air, di mana skuad "Garuda" memenangi laga-laga itu dengan skor 2-1 dan 3-2.

Timnas Indonesia hampir dipastikan menghadapi Tajikistan dalam FIFA Matchday pada rentang tanggal 20-28 Maret 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News